+62-081-916-309099 zainularifin@live.com

Menu
Perbedaan Aplikasi Berbasis WEB dan DESKTOP

Perbedaan Aplikasi Berbasis WEB dan DESKTOP

By In Blog On May 3, 2015


Perbedaan Aplikasi Berbasis WEB dan DESKTOP

Bismillah, kali ini sedikit saya ingin berbagi tentang info Perbedaan antara aplikasi berbasis Web dan aplikasi berbasis Desktop. Bisa diketahui sama-sama aplikasi Rekam Medis yang saya buat adalah contoh aplikasi yang berbasis Web. Kemudian Sistem antrian Bank adalah contoh aplikasi yang berbasis Desktop. Nah, kira-kira sebenarnya apa sih perbedaan diantara aplikasi yang berbasis WEB dan Desktop ? Coba saya mengulasnya…

PENGERTIAN

Web  base merupakan suatu aplikasi yang dapat berjalan dengan menggunakan basis teknologi web atau browser. Aplikasi ini dapat diakses dimana saja asalkan ada koneksi internet/intranet yang mendukung, tanpa perlu melakukan penginstallan di komputer masing-masing seperti pada aplikasi desktop, cukup dengan membuka browser dan menuju tempat server aplikasi tersebut.

Desktop base merupakan suatu aplikasi yang dapat berjalan sendiri atau independen tanpa menggunakan browser atau koneksi Internet di suatu komputer  dengan operating system tertentu. Biasanya aplikasi desktop ini harus di install terlebih dahulu serta filenya berekstensi .exe

Semua aplikasi yang ada di LAPTOP atau KOMPUTER temen-temen, dimana bila dijalankan tidak perlu menggunakan jaringan internet itu tergolong desktop base. Tetapi jika ada aplikasi di laptop yang jika dijalankan menggunakan jaringan internet itu tergolong web base.

Contoh Aplikasi berbasis Web

[lightbox link=”http://zainularifin.com/wp-content/uploads/2014/07/07.jpg” thumb=”http://zainularifin.com/wp-content/uploads/2014/07/07.jpg” width=”1366″ align=”center” title=”aplikasi rekam medis” frame=”true” icon=”image” caption=””]

Contoh Aplikasi berbasis DESKTOP

[lightbox link=”http://zainularifin.com/wp-content/uploads/2013/12/Simulasi-Antrian-Bank.png” thumb=”http://zainularifin.com/wp-content/uploads/2013/12/Simulasi-Antrian-Bank.png” width=”941″ align=”center” title=”simulasi antrian bank” frame=”true” icon=”image” caption=””]

Berikut Perbandingan antara Aplikasi Berbasis Web dan Berbasis Desktop :

  1. Perbedaan yang paling mendasar dari keduanya adalah bahwa untuk menjalankan aplikasi desktop base kita harus meng-install lebih dulu aplikasinya pada komputer. Sedangkan kalau aplikasi web based kita cukup membuka browser (Opera, Mozilla, Google Chrome), kemudian menuju alamat dari web server dimana secara otomatis kita telah mendapatkan interface-nya (antar muka). Ada pula perbedaan bahasa pemrograman yang digunakan yaitu pada desktop base : Platform Visual macam Microsoft Visual Basic, Borland Delphi atau Visual Fox Pro. Sedangkan web based : HTML atu HTMLS, PHP, CSS, JavaScript, dll.
  2. Untuk sumber daya yang digunakan yaitu aplikasi web based karena berjalan di server, berarti hanya dapat menggunakan sumber daya yang ada di komputer tersebut. Berbeda dengan aplikasi desktop yang lebih leluasa mengakses sumber daya yang ada di komputer client, sehingga aplikasi desktop memiliki nilai lebih untuk aplikasi yang melibatkan penggunaan hardware komputer.
  3. Untuk aplikasi web based dapat digunakan hanya dengan syarat ketersediaan browser dan akses internet praktis membuatnya bersifat multi-platform dapat diakses dari sistem operasi mana pun dan dari perangkat mana pun. Berbeda dengan aplikasi desktop yang syarat ketersediaannya adalah terinstallnya aplikasi tersebut di masing komputer client.
  4. Aplikasi web based dapat dijalankan di sistem operasi mana pun. Tidak perduli apakah kita menggunakan Linux, Windows, aplikasi berbasis web dapat dijalankan asalkan kita memiliki browser dan akses Internet. Berbeda dengan aplikasi desktop yang mengharuskan aplikasi di-install dan dijalankan di sistem operasi tertentu.

Keunggulan dan Kelemahan Aplikasi berbasis WEB dan Aplikasi Berbasis Desktop :

DESKTOP BASE

  • Keunggulan
  1. lebih cepat, karena desktop base tidak membutuhkan waktu tambahan dalam mencompile barisan kode pemrograman
  2. Proses pengamanan pada Dekstop lebih mudah daripada Web, karena Web hubungannya langsung ke dunia luar, dan resiko keamanannya pun menyangkut proses online.
  3. Tidak mudah diserang hacker karena aplikasi tersebut diinstall di tiap komputer. Jadi untuk menjahili aplikasi harus mengambil ke komputer yang terinstall aplikasi tersebut.
  4. Dekstop lebih memudahkan user dari segi guna, dimana dengan jumlah komponen yang lebih banyak dan bervariasi disbanding Web.
  • Kelemahan
  1. Hanya dapat diaksesnya lewat komputer saja, dan harus menginstal terlebih dahulu untuk setiap aplikasi
  2. Butuh spesifikasi komputer yang selaras dengan kebutuhan sistem. semakin rumit aplikasi semakin butuh spesifikasi komputer yang tinggi. Karena proses dijalankan pada komputer bersangkutan.
  3. Tidak dapat diinstall diberbagai macam Sistem Operasi.

WEB BASE

  • Keunggulan
  1. Kita dapat menjalankan aplikasi berbasis web di manapun dan  kapanpun tanpa harus melakukan penginstalan terlebih dahulu.
  2. Dapat dijalankan di sistem operasi mana pun. Tidak perduli apakah kita menggunakan Linux, Windows (aplikasi berbasis web dapat dijalankan asalkan kita memiliki browser dan akses internet).
  3. Dapat diakses lewat banyak media (misal : komputer dan handphone yang sudah sesuai dengan standar WAP)
  • Kelemahan
  1. Keamanan sistemnya yang masih belum pasti.
  2. waktu yang dibutuhkan terkadang lama untuk menampilkan halaman web tertentu karena jaringan koneksi internetnya.

Mungkin hanya sekilas yang saya jelaskan. semoga bermanfaat bagi penulis dan pembaca umumnya. Mohon di komentari jika penjelasan yang saya berikan ada yang kurang. Kritik dan Saran membangun akan selalu saya terima. Bye

 


About the Author

admin

Related Posts

Leave a comment