+62-081-916-309099 zainularifin@live.com

Menu
Algoritma HUMMINGBIRD dan Cara Menanggapinya

Algoritma HUMMINGBIRD dan Cara Menanggapinya

By In Blog On September 1, 2014


Algoritma HUMMINGBIRD dan Cara Menanggapinya

Algoritma HUMMINGBIRD adalah Algoritma Mesin pencarian terbaru dari perusahaan GOOGLE. Google memiliki algoritma pencarian baru, sistem ini digunakan untuk memilah-milah semua informasi yang dimilikinya ketika anda mencari dan kembali dengan jawaban. Ini disebut Hummingbird“. Sesuatu yang harus anda ketahui jika anda adalah seorang webmaster saat ini.

[lightbox link=”http://zainularifin.com/wp-content/uploads/2014/09/googlehummingbird.jpg” thumb=”http://zainularifin.com/wp-content/uploads/2014/09/googlehummingbird.jpg” width=”584″ align=”center” title=”googlehummingbird” frame=”true” icon=”image” caption=””]

Apa itu “Hummingbird” ?

Hummingbird adalah nama dari pada algoritma pencarian baru yang miliki dan digunakan oleh Google, dimana google harus kembali dengan hasil yang lebih baik dan lebih pintar.

Apa itu “Algoritma Pencarian” ?

Algoritma pencarian adalah suatu istilah teknis yang kita anggap sebagai resep yang digunakan Google untuk memilah-milah ratusan, ribuan, atau ampek miliaran halaman website dan konten informasi lainnya di internet untuk mengembalikan apa yang diyakini sebagai jawaban terbaik.

Menggapa disebut dengan “Hummingbird” ?

Nama itu berasal dari arti “tepat dan cepat“, precise and fast. Hummingbird adalah nama seekor burung lincah yang gerakannya cepat dan tepat. Makanya Google memberikan nama algoritma itu dengan nama Hummingbird.

Kapan nama Hummingbird mulai ?

Google mulai menggunakan Algoritma Hummingbird sejak sekitar agustus 2013, hanya saja google mengumumkan perubahan akhir september 2013.

Mengapa Google menggunakan Hummingbird ?

Ibarat sebuah mobil yang dibuat pada tahun 1950. Mobil ini memiliki mesin yang besar, tetapi tidak memiliki komponen baru seperti “injection pump” atau tidak dapat menggunakan bahan bakar tanpa timbal. (Alias sudah ketinggalan jaman).

Ketika google beralih ke Hummingbird, hal ini ibarat anda membuang mesin tua keluar dari mobil dan menggantikannya dengan mesin yang baru. Hal ini dilakukan begitu cepat sehingga tidak ada yang melihat kapan mesin itu diganti.

Bagaimana dengan Algoritma Penguin, Panda dan “update” lainnya?

Panda, Penguin dan pembaruan lainnya adalah bagian perubahan dari algoritma yang lama, tapi bukan pengganti secara keseluruhan. Hummingbird adalah mesin baru, namun masih menggunakan beberapa bagian yang sama dari yang lama, seperti Penguin dan Panda.

Berarti mesin baru ini menggunakan bagian-bagian lama?

Ya Dan tidak. Ada Beberapa bagian-bagian yang sangat baik tidak ada alasan untuk membuang bagian tersebut. Sedangkan ada bagian lain yang secara terus-menerus diganti. Secara umum, Hummingbird adalah mesin baru yang dibuat dari komponen baru dan komponen lama yang disesuaikan untuk melayani kebutuhan pencarian pada saat ini. Mungkin setelah HUmmingbird ini ada lagi nama algoritma yang dibuat oleh Google. Karena perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat berkembang.

Apa yang baru dari Hummingbird?

“Percakapan pencarian” adalah salah satu contoh terbaik yang diberikan oleh google. Ketika orang melakukan pencarian, mungkin akan lebih berguna untuk memiliki percakapan.

Misalnya pengguna melakukan pencarian dengan kata-kata;
“Dimana tempat terdekat untuk membeli handphone dari rumah saya?” Mesin pencari tradisional mungkin berfokus pada pada kata-kata “membeli” dan “handphone”.

Namun Hummingbird lebih fokus pada makna di balik kata-kata tersebut. Hummingbird lebih memungkinkan memahami lokasi rumah anda jika anda telah berbagi dengan Google tentang lokasi anda. Mungkin memahami bahwa “tempat” berarti anda ingin ke toko. Mungkin menganggap bahwa “handphone” adalah jenis perangkat elektronik yang ada di toko-toko tertentu.

Mengetahui semua makna ini dapat membantu google melewati halaman-halaman berisi kata-kata yang cocok saja namun tidak sesuai dengan makna artikel.

Secara khusus Hummingbird lebih memperhatikan setiap kata dalam QUERY, memastikan bahwa seluruh permintaan dan seluruh kalimat atau percakapan atau memperhitungkan makna, bukan kata-kata tertentu saja. Tujuannya agar menemukan halaman yang cocok sesuai maknanya, bukan halaman yang hanya cocok dengan kata-kata saja.

Apakah ini berarti SEO sudah mati?

Tidak, SEO belum mati. Tidak ada yang baru atau berbeda dalam SEO yang perlu dikhawatirkan. Panduan webmaster tetap sama, yaitu konten orisinil dan berkualitas tinggi. Saran penting di masa lalu tetap penting hingga sekarang ini. Hummingbird hanya memungkinkan google untuk memproses cara lama dengan cara baru agar lebih baik.

Apa anda kehilangan trafik?

Mungkin itu karena Hummingbird, namun hal itu juga bisa disebabkan oleh beberapa bagian lain dari algoritma google yang selalu berubah atau ditingkatkan. Tidak ada cara untuk mengetahui yang lebih pasti.

Jika trafik anda stabil atau bahkan berubah membaik, berarti anda menulis konten untuk pengguna. Tetapi jika trafik anda menurun atau berkurang, berarti anda menulis artikel untuk mesin pencari, bukan untuk pengguna.

Bagaimana cara menghadapi Hummingbird?

Buatlah artikel orisinil dan berkualitas yang bermanfaat bagi pengguna, bukan untuk mesin pencari.

Karena hummingbird memahami makna dari artikel anda. Algoritma baru ini mementingkan artikel yang bermanfaat bagi pembaca dan mengabaikan artikel yang kaya kata kunci namun memiliki makna kurang bermanfaat bagi pembaca.

Mungkin demikian sedikit penjelasan yang bisa saya sampaikan ke pembaca semoga bermanfaat kurang dan lebihnya selalu berbagi dalam segi kebaikan.

 

 


About the Author

admin

Leave a comment