+62-081-916-309099 zainularifin@live.com

Menu
Cara Mengatasi “You can have only one copy of the microsoft windows” Lenovo Thinkpad x230

Cara Mengatasi “You can have only one copy of the microsoft windows” Lenovo Thinkpad x230

By In Blog On February 19, 2014


Mengapa hanya membuat satu cadangan pabrik dari Lenovo ThinkPad x230?

Mengatasi adanya pesan ketika kita membuat satu cadangan / Recovery Media + Aplication and Drivers pada Laptop Tangguh Lenovo Thinkpad x230 milik saya. Sebetulnya ini adalah pengalaman ane waktu oprek laptop ane yang baru beli kemarin tanggal 14 Februari 2014, Berawal dari penasaran yang besar tentang kecanggihan laptop lenovo thinkpad x230 ane mencoba beberapa keisengan pada laptop ane gan, yaitu mengupgrade HDD ane yang lama 320GB menjadi 500GB.

Okeh kita lanjut ceritanya, sebelumnya ane sudah membuat recovery Media data yang sudah ane bruning di DVD, tetapi kok hasilnya kok cuman kecil ukuran data yang di rekam. Penasaran masih menyelimutiku… asyik…. Kemudian, ane pasang HDD baru 500GB ke dalam mesin lenovo x230, dengan hati-hati karena laptop masih baru gan… hahahaha, setelah HDD sudah terpasang ke laptop, ane langsung nyalain laptop dengan menekan tombol power, kemudian saya tekan F12 untuk memilih jalur booting yang ane inginkan. DVD hasil Burning sudah ane masukan ke DVD eksternal karena di lenovo x230 tidak ada Optical Drive.

BOOTING melalui DVD eksternal dimulai, dan hasilnya GATOT alias gagal total. tambah pusing ane gan. Dimana salahnya ne gan.. Akhirnya ane bertanya ke Mbah google. Hasilnya cukup memuaskan karena tutorialnya hampir semuanya bahasa english. Akhirnya saya menemukan kenapa itu GAGAL karena Pembuatan DVD REcoverynya Belum lengkap dengan Aplikasi dan Drivernya.

Okehlah, ane memutuskan untuk membuat Recovery Ulang. Ane ganti HDD yang baru tadi dengan HDD yang lama. Selanjutnya Proses pembuatan REcovery Media Lenovo x230 mungkin ane bahas lain waktu. Kebetulan untuk membuat recovery media ini ane memakai HDD yang baru. Setelah melakukan proses recovery sampai tahap terakhir akhirnya recovery berhasil dibuat. HORE….

Recovery Media dengan HDD baru.

Proses recovery media dari HDD lama ke tempat penyimpanan HDD baru berhasil. Niatnya langsung booting melalui HDD yang baru ternyata itu cara yang salah. (Jangan ditiru).

Akhirnya dengan berat hati HDD yang baru itu ane format Ulang gan. Hasilnya data hasil recovery tersebut Hilang. dan Ingin mengulang kembali membuat Recovery Media dengan menggunakan FD (Flash Disk) 16GB. EH…. ternyata Proses pembuatan Recovery Media tersebut hanya bisa dibuat hanya satu Salinan saja. Waduh.. tambah pusing ane gan… Karena data recovery sebelumnya yang ada di HDD sudah ane format habis gan. Kembali ane bertanya ke Mbah Google. akhirnya berbagai cara ane lakukan dan laksanakan. Alhamdullilahirobil’alamin ane menemukan caranya. Jadi begini gan saya membaca di Forum dan web resmi lenovo kalau pembuatan Recovery Media ke Storage lain hanya dapat dilakukan satu kali salinan saja. Nanti akan muncul tampilan sebagai berikut.

“You can have only one copy of the Microsoft Window Operating system. The Product Recovery Media Creator will exit now”

Dengan semangat yang luar biasa ane berjuang mencari cara untuk mengatasi hal itu gan, Akhirnya ketemu juga caranya. Okeh.. Begini gan caranya. Ane kasih tau… Agar bisa membuat salinan Recovery Media tidak hanya sekali tetapi berkali-kali gan.

Lenovo, dengan kebijaksanaannya yang tidak terbatas, mereka telah mengubah cara menyimpan fakta bahwa citra pemulihan telah dibuat dalam versi terbaru dari perangkat lunak pemulihan.  Proses Monitor mengungkapkan bahwa recovburncd.exe membaca file Q: \ FactoryRecovery \ RECOVERY.INI: DONE sebelum keluar. Menunjukkan penggunaan file Streaming alternatif. Setelah citra pemulihan telah dibuat, aliran ini berisi string  1 \ r \ n. Menghapus listing malah tidak bekerja, tetapi mengganti isi sungai dengan string 0 \ r \ n malah bekerja. Hal ini dapat dilakukan dari command prompt kok gan. Caranya ketik aja listing dibawah ini.

echo 0 > Q:\FactoryRecovery\RECOVERY.INI:Done

Hasilnya sangat memuaskan Pesan “You can have only one copy of the Microsoft Window Operating system. The Product Recovery Media Creator will exit now” tidak muncul lagi. Dengan kata lain temen-temen bisa menggunakan trik ini jika mengalami peristiwa seperti ane.

Sepertinya cukup ane bercerita gan. semoga tulisan ane ini bermanfaat untuk temen-temen yang membaca blog ane. Terima Kasih


About the Author

admin

3 Comments

  • weight loss 3 YEARS AGO

    Awesome content you post here, i have shared this post on my facebook

  • setyawan 3 YEARS AGO

    Bagaimana Proses pembuatan Recovery Media Lenovo X230 nya? Misalkan mau upgrade HDD seperti yang anda sebutkan diatas, bisakah Recovery Media ditaruh di USB Flash Disk kemudian ganti HDD baru dan booting menggunakan USB Flash Disk untuk proses recovery? Mohon pencerahannya gan ^_^

    • admin 3 YEARS AGO

      Jawabannya BISA BANGET, dan TERBUKTI BISA. langkahnya adalah sebagai berikut : 1. pastikan OS yang terinstall di lenovo x230 adalah ORI OEM recovery bawaan hdd bukan bawaan CD/DVD. 2. Lakukan Backup recovery menggunakan USB minimal 16GB. 3. Ikuti langkah-langkah recovery sampai selesai. 4. Selesai - matikan laptop 5. Bongkar HDD lama dan ganti dengan HDD baru 6. Masukan USB yang sudah dibuat, dan Nyalakan laptop dan booting melalui External USB. 7. Ikutin langkah-langkahnya sampai selesai. Terima Kasih. semoga bermanfaat.

Leave a comment