+62-081-916-309099 zainularifin@live.com

Menu
GOOGLE API

GOOGLE API

By In Blog On January 1, 2014


[lightbox link=”http://zainularifin.com/wp-content/uploads/2014/01/GOOGLE-API.png” thumb=”http://zainularifin.com/wp-content/uploads/2014/01/GOOGLE-API.png” width=”400″ height=”300″ align=”none” title=”GOOGLE API” frame=”true” icon=”image”]

Google API,

API adalah kependekan dari Application programming interface. Dengan bahasa yang lebih sederhana, yang sangat berguna bagi pengembang web maupun aplikasi desktop untuk memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan oleh Google seperti misalnya: AdSense, Search Engine, Translation maupun YouTube.

API secara sederhana bisa diartikan sebagai kode program yang merupakan antarmuka atau penghubung antara aplikasi atau web yang kita buat dengan fungsi-fungsi yang dikerjakan. Misalnya dalam hal ini Google API berarti kode program (yang disederhanakan) yang dapat kita tambahkan pada aplikasi atau web kita untuk mengakses/menjalankan/memanfaatkan fungsi atau fitur yang disediakan Google. Misalnya saja kita bisa menambahkan fitur Google Map pada website kita. API juga merupakan fungsi fungsi  pemrograman yang disediakan oleh aplikasi atau layanan agar layananan tersebut bisa di integrasikan dengan aplikasi yang kita buat.

Jadi Google maps API adalah fungsi fungsi pemrograman yang disediakan oleh Google maps agar Google maps bisa di integrasikan kedalam Web atau aplikasi yang sedang buat. Contoh sederhanya misalkan anda ingin membuat Sistem informasi Geografis kampus di jogja, dengan memanfaatkan Google Maps API anda bisa membuat GIS tanpa perlu memikirkan Peta Jogja, anda tinggal pake Google maps dan memanggil fungsi fungsi yang dibutuhkan seperti menampilkan peta, menempatkan marker dan sabagainya.
Google maps API sendiri menyediakan fungsi yang sangat banyak, berikut ini adalah pembagiannya.

Google maps Javascript API v3

ini adalah google maps API yang akan kita pelajari. embel embel javascript menunjukan API ini tersedia dalam bahasa javascript.

Google Maps API Webservice
Layanan Google maps API untuk fungsi lanjutan seperti direction, Geocoding, Distance Matrix API dan elevation API.

Google Place API
Ini adalah API wajib yang harus dikuasai untuk membuat aplikasi Location based service .
Tiga API diatas adalah API yang paling penting untuk anda pelajari, sebenarnya masih ada beberapa API lain seperti Google Earth API dan Google Maps Image API namun untuk saat ini API ini tidak kita pelajari.

Aplikasi jenis apa yang bisa kita buat dengan Google Maps API?
Semua aplikasi yang membutuhkan layanan peta. Aplikasi tidak terbatas pada website, namun juga bisa aplikasi desktop ataupun aplikasi di smartphone bahkan aplikasi di embeded sistem misalkan aplikasi avigasi di mobil.
Berikut ini adalah gambaran ide yang bisa diterapkan diterapkan

  1. Anda ingin membuat website review Kuliner, user bisa memasukan nama rumah makan, merating kualitas makanannya dan menginput lokasinya di peta.
  2. Anda bisa membuat aplikasi GIS berbasis Deskop dan dengan mudah mengintegrasikan dengan Google maps api untuk memvisualisasikan data, misalkan visualisasi peta kemiskinan di propinsi X.
  3. Anda bisa membuat aplikasi di Mobile (Android) untuk menampilkan informasi  hotel diurutkan berdasarkan lokasi terdekat dengan anda dan petunjuk jalan menuju Hotel tersebut.
  4. Anda bisa membuat aplikasi tracking taksi sehingga manager perusahaan taksi bisa melihat secara realtime posisi setiap taksi yang  beroperasi.

Dan ide ide lain yang masih berhubungan dengan lokasi, tempat atau peta bisa memanfaatkan Google Maps API untuk meralisasikannya.

Apa Ilmu dasar yang harus saya kuasai?
Untuk belajar Google maps API anda minimal harus tahu HTML dan javascript dasar. Jika anda belum tahu website w3schools.com adalah tempat yang tepat untuk belajar.

OS &Sotware apa yang saya butuhkan?
karena Google maps API berbasis Web, maka anda bisa membuat aplikasi berbasis Google maps api disembarang OS. Tool yang dibutuhkan hanya Text Edior , Browser dan koneksi internet.

Google Maps adalah sebuah jasa peta globe virtual gratis dan online disediakan oleh Google dapat ditemukan di http://maps.google.com/. Google Map menawarkan peta yang dapat diseret dan gambar satelit untuk seluruh dunia dan baru-baru ini, dan juga menawarkan perencana rute dan pencari letak bisnis di U.S., Kanada, Jepang, Hong Kong, Cina, UK, Irlandia (hanya pusat kota) dan beberapa bagian Eropa. Sumber : Wikipedia ID.

API  juga merupakan aplikasi interface yang dapat diakses lewat javascript agar Google Map dapat ditampilkan pada halaman web yang sedang kita bangung. Untuk dapat mengakses Google Map, Kita harus melakukan pendaftaran Api Key terlebih dahulu dengan data pendaftaran berupa nama domain web yang kita bangun.

Alamat Pendaftaran API Key:
http://code.google.com/apis/maps/signup.html

Banyak sekali kegunaan google map untuk website yang kita buat, diantaranya dapat digunakan untuk menampilkan lokasi pemilik website ( pada about us ), lokasi event/kegiatan, atau dapat juga digunakan untuk aplikasi GIS berbasis web.
Pada blog ini, saya akan memberikan contoh sederhana untuk menampilkan map pada website kita.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan Google Map API, bisa di lihat pada referensi berikut:
http://code.google.com/apis/maps/documentation/javascript/reference.html
Sumber :
http://www.candra.web.id/2012/09/27/pengantar-google-maps-api/
http://amarullz.blog.unikom.ac.id/mengenal-google-map.b1
http://yanuarimaesa.blogspot.com/2013/09/google-api.html

About the Author

admin

Leave a comment